Sambutan Dekan

Fakultas Pertanian & Kehutanan

      Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UM Palangkaraya) telah digabung pada tahun 2010 dalam satu fakultas dengan nama Fakultas Pertanian dan Kehutanan dan telah berdiri selaras dengan berdirinya UM Palangkaraya pada tanggal 24 September 1987.  

            Fakultas Pertanian dan Kehutanan sejak berdirinya sampai saat ini sudah meluluskan Sarjana dengan alumni lebih dari 200 orang yang telah mengisi peluang kerja di lembaga pemerintah maupun swasta seperti perusahaan Perkebunan kelapa sawit yang sudah mempunyai kontrak kerjasama (MoU) dengan UM Palangkaraya dan perusahaan Kehutanan seperti PT Hutan Amanah Lestari (Kalla Group).

            Kebutuhan tenaga teknis dibidang Pertanian dan Kehutanan masih sangat dibutuhkan di Indonesia terutama di Kalimantan. Saatnya sektor Pertanian dan Kehutanan bangkit kembali menguasai perekonomian Indonesia. Tidak hanya mencetak para calon Pegawai.

Pemerintahan melalui perguruan tinggi akan mendidikan para calon wirausahawan dibidang Agribisnis yang handal. Diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, maka perlu diikuti dengan tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas. Disisi lain, perkembangan pertanian merupakan salah satu sektor yang banyak menyerap tenaga kerja, sehingga diperlukan tersedianya tenaga kerja yang profesional dibidang pertanian.